HAPPINESS


“Pagi ini saya ingin bertanya pada teman-teman semua, are you happy ?”
Tiba-tiba suasana hening seketika, lalu diikuti suara-suara kecil yang saling berbisik

Are you happy?”, Tanya lagi pak Fu’ad selaku dosen pengampu mata kuliah di awal pagi senin ini

“Ya”

“Apa yang membuat mu merasa Happy pagi ini?” Tanya pak Fu’ad pada salah satu mahasiswa 

“Saya senang karna saya datang tepat waktu pak” 

“Baik, Kamu, Apa yang membuat mu bahagia hari ini ?” kembali menunjuk mahasiswanya 

“Bisa belajar Psikologi Positif bersama bapak pagi ini” 

“Eeeaaaaaaaaaa …………….” Suasana hening pun pecah di pagi itu.
Yap, bagi saya pribadi pun, hari senin merupakan hari refreshing, karena di hari itu ada mata kuliah kemagisteran yang tentunya tidak terlalu membutuhkan fokus yang tinggi serta energi yang lebih untuk memahami nya.
Tidak seperti mata kuliah keprofesian psikologi, Berat, mungkin cuma Dilan yang kuat. Haha …
Psikologi positif merupakan salah satu bagian dari ilmu psikologi yang lebih berfokus pada hal-hal positif yang ada pada diri setiap individu. Prilaku adaptif, kreatifitas, happiness, emosi positif, psychological well-being dan semua hal positif.
“Baik, terkait tema pertemuan kali ini, Happiness, maka saya ingin kalian membuat list kebahagiaan kalian selama satu minggu kedepan”, suara-suara mulai bermunculan, ekspresi wajah yang beragam terlihat di akhir kuliah tersebut.
“Tenang saja, saya hanya meminta kalian membuat 3 hal yang bikin kalian bahagia setiap harinya, terserah apapun itu”.
Oke sip pak. Tantangan di terima


Lalu ini list kebahagiaan seminggu ku, tugas yang aku buat dari tanggal 25 Februari - 3 Maret 2019 :
 

Senin, 25 Februari 2019
1.       Bisa belajar psikologi positif dengan pak Fuad Hamsyah
Karna materinya yang berbeda dengan mata kuliah lain, materinya semacam refleksi diri karna yang dibahas sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu cara pak Fuad menerangkan juga tidak terlalu berat, banyak mengambil contoh dari kejadian yang pernah dialami atau yang diarasakan langsung
2.       Bisa berkumpul dengan teman-teman wardah
Kami menyebutnya “wardah’s”, teman-teman yang selalu bersemangat dalam hal kebaikan. Mengingatkan untuk muraja’ah, hunting pengajian dan kegiatan positif lainnya. Hari ini kami membuat acara kecil-kecilan, membeli kue lalu makan bersama, agar bisa berkumpul merencanakan kegiatan 6 bulan kedepan.
3.       Bisa tidur lebih cepat dari biasanya
Karna biasanya begadang, dan sering sekali melewatkan shalat tahajjud

Selasa, 26 Februari 2019
1.       Dibawakan roti buat sarapan pagi oleh teman
"Opa udah sarapan belum ?"
"Belum Tin, gak sempat", jawabku
"Tina bawain roti nih buat opa, sarapan bareng yuk"
pagi itu perut yang dari awal keroncongan langsung diisi roti lengkap dengan keju dan slai coklat. Alhamdulillah. Kebahagiaan sederhana yang membuat saya merasa tidak senditi di rantau orang 
2.       Bisa makan sate padang
Bahagia itu bisa makan sate padang terus diskon 16% heheh
3.       Bisa pulang cepat
Karna jarang-jarang anak magister profesi psikologi pulang masih ada matahari. Sehingga pulang lebih cepat adalah kebahagiaan tersendiri di hari ini. Saya bisa santai dan memiliki waktu banyak untuk istirahat sejenak.

Rabu, 27 Februari 2019
1.            Bisa pulang cepat karena dosen yang bersangkutan tidak bisa mengajar
Bahagia karna ada waktu luang, lagi-lagi waktu luang adalah hal yang mahal di Magister Profesi Psikologi
2.          Ada informasi bahwa sampai tanggal 3 Maret libur
Semacam angin dari Syurga, karna gak ada ceritanya libur di hari kuliah sepanjang sejarah. Saya pun siap dengan agenda yang akan saya buat 4 hari kedepan  
3.       Bisa main ke Kebun Empring
Karena pulang lebih awal, saya dan beberapa teman memutuskan untuk pergi jalan-jalan. Kamipun menikmati asrinya pinggiran kali yang di sulap menjadi tempat wisata, yaitu kebun Empring, sambil menikmati makanan khas Jogja. Biaya masuknya sukarela, kami pun bisa mengobrol langsung dengan pengelola wisata tersebut. jalan-jalan murah ala anak kos

Kamis, 28 Februari 2019
1.       Bisa menghadiri kajian Ustad Evie Evendi
Bahagia, karena dulu sering liat kajian singkat beliau hanya di instagram, sekarang bisa hadir langsung kajian beliau. Alhamdulillah
2.       Makan ke Kopi Klothok
Karena memang udah lama banget pengen makan kopi klotok dan akhirnya kesampaian juga makan pisang gorengnya
3.       Lanjut main ke Taman Pelangi
Bahagia, karena merasa bena-benar bisa memanfaatkan waktu libur. Baru pertama kali melihat Taman Pelangi. Ada banyak lampion-lampion serta karikatur-karikatur yang dihiasi lampu. Sangat Indah 

Jumat, 1 Maret 2019
1.       Bisa mencuci dan membersihkan kamar kos
Karna saya tidak punya banyak waktu untuk menata kamar kos menjadi seperti yang saya inginkan, yang penting bersih karna padatnya jadwal kuliah. Tapi hari ini saya bisa menata kamar, membuat hiasan-hiasan di dinding, menempel foto, dan menata buku di rak buku.
2.       Bisa membaca buku
Karna banyaknya waktu luang, yang biasanya malam baru nyampai kos. Hari ini saya hampir menamatkan buku bacaan saya
3.       Bisa malas-malas an tanpa beban
Karna ini hanya akan terjadi ketika liburan semester datang, libur 4 hari benar-benar berefek pada psychological well being saya 

Sabtu, 2 Maret 2019
1.       Bisa main ke Pasar Bringharjo
Ini karena saya menemani teman yang ingin membeli grosir batik untuk di jual lagi di kotanya. Melihat-lihat koleksi batik, tapi pada akhirnya saya yang beli satu daster batik. Pulang dengan membawa satu baju batik, tapi tetap membuat bahagia
2.       Bisa tidur siang
Ini kebiasaan lama yang sudah lama tidak saya rasakan, karena jadwal kuliah yang padat. Benar-benar merasa bahagia ketika bisa merasakan tidur siang
3.       Bertemu teman SMP
Bisa kembali bersilaturrahmi dan saling berbagi cerita dengan teman lama adalah hal yang sangat membahagiakan

Minggu, 3 Maret 2019
1.       Bisa main ke Curug Kulon Progo

Merasakan tempat baru dan mentadabburi Alam ciptaan Tuhan, adalah kebahagiaan tersendiri bagi saya. Tempat nya sangat alami, bukti bahwa Allah memberikan nikmat yang begitu besar untuk umat manusia
2.       Bisa sholat ashar berjama’ah
Setelah selsesai berkeliling, ternyata ada mushollah di dekat objek wisata tersebut yang sekaligus TPA nya masih aktif. Sayapun ikut, sholat jama’ah bersama adek-adek TPA
3.       Bisa pulang dengan selamat
Perjalanan ke Kulonprogo memakan waktu 4 jam bolak-balik dengan jalan yang terjal dan curam. Alhamdulillah setiap tempat memiliki kesan yang sangat indah. Besok Senin, semoga semakin positif. 


Well done !!!

    Tugas psikologi positif pun selesai.
 Setelah satu minggu membuat ”3 list kebahagiaan hari ini”, membuat saya sadar. Ternyata tugas ini mengajarkan saya untuk mensyukuri hal-hal kecil yang terkadang mungkin luput dari rasa syukur kita.
    Hal-hal sederhana yang membuat bahagia, yang bisa mempengaruhi kondisi mood seharian. 

Kalau kamu ?
Apa list kebahagiaan mu hari ini ? 

Selamat melipatkan gandakan rasa syukur ya :)
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Barakallah Fii Umrik, Laki-laki Baik

Unconditional Love

Janji